Jumat, 16 November 2012

Propek Usaha Madu Ternak

Madu Ternak |Siapa saja ketika kita menyebut nama madu pasti akan dapat mengenalnya. Benar madu merupakan suplemen alami yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan juga masyarakat dunia. Tahu kah  bahwa sebenarnya ada banyak jenis lebah yang hidup didunia ini. Selain banyak jenisnya lebah juga menghasilkan madu yang beragam jenis, karakteristik dan warna madu yang dihasilkannya. Seperti kita ketahui bahwa madu selain sebagai suplemen alami juga merupakan sebagai obat alami yang dihasilkan oleh lebah. Selain menghasilkan madu, propolis, bee pollen dan lilin lebah juga dapat digunakan sebagai metode alternatif pengobatan yaitu pengobatan sengat lebah.

Madu Ternak
Prospek untuk membudidayakan lebah sebenarnya cukup baik selain dari hasil penjualan madu atau yang sering dikenal dengan madu ternak, produk produk lain seperti propolis dan bee pollen saat ini cukup baik penjualannya. Selain karena sudah banyak nya penelitian tentang khasiat madu dan produk lain dari lebah selain itu juga karena berubah nya pola hidup masyarakat untuk berupaya kembali kepada kehidupan alam baik dari kehidupan sehari hari, pola hidup dan juga pola menjaga kesehatan. Seperti apa yang saya sebutkan diatas jenis lebah bermacam macam ada yang disebut lebah liar, lebah ternak impor ada juga lebah ternak lokal. Lebah liar atau apis dorsata banyak ditemui di daerah hutan karena mereka hidup secara liar di alam bebas, mereka membuat sarang sarang di pohon pohon. Jenis madu yang dihasilkan dikenal dengan madu hutan.

Lebah yang bisanya diternakan dan dibudidayakan adalah lebah jenis unggul yang dikenal sebagai jenis Apis  Mellifera. Lebah ini biasanya di ternakan pada kebun kebun buah, karet dan juga tanaman berbunga lainnya. Lebah jenis ini menghasilkan madu ternak dan tergantung dari jenis bunga apa yang biasa mereka makan dan menghasilkan madu. Selain secara ekonomi peternakan lebah juga dapat memberikan keuntungan lainnya yaitu lebah membantu dalam proses penyerbukan bunga tanaman sehingga didapat hasil yang lebih maksimal dalam proses pembuahan. Itu lah sebagai gambaran mengenai prospek usaha peternakan lebah di Indonesia. Salah satu bentuk usaha madu dapat mengunjungi alwadeyonline.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar